Pages

Kamis, 10 April 2014

MIND MAP
Apa itu Mind Map?Mind map dalam bahasa indonesia bearti peta pikiran.Mind Map (Peta Pikiran) dapat diartikan sebagai suatu cara untuk mengorganisasikan dan menyajikan konsep, ide, tugas  atau informasi lainnya dalam bentuk diagram radial-hierarkis non-linier.Mind maps merupakan suatu peta pikiran yang digunakan untuk metode belajar yang terbaik untuk mengoptimalkan kapasitas belajar dan pemahaman tentang unsur – unsur struktur yang kompleks dan saling terhubung.Setiap otak manusia bekerja dengan cara yang berbeda – beda.Tapi setiap otak manusia berpikir dan bernalar mengikuti struktur yang bersifat pribadi untuk diri sendiri dan ada juga yang masih menggunakan teknik berpikir dan bernalar yang berlaku kebanyakan orang lain.Otak anda itu bagaikan software namun software yang berpikir alami. otak Anda bekerja dengan cara yang persis sama.Anda dilahirkan dengan anugerah khusus yaitu "program/software otak" untuk dapat belajar,manalar dan  menghafal semua yang Anda alami selama hidup Anda. Anda memiliki satu "program otak" untuk mengingat kesempatan khusus, satu program yang mengingat gambar, salah satu yang mengingat struktur, dll. Hal yang fantastis tentang peta pikiran adalah bahwa ia menggunakan ini ada "program-otak" dan memurnikan merek. Peta pikiran hanya mengoptimalkan kekuatan yang sudah ada dalam pikiran Anda.Otak bekerja sesuai dengan prinsip-prinsip dasar tertentu, dan Anda dapat menggunakan peta pikiran untuk mengambil keuntungan dari mereka dalam meningkatkan kreativitas dan memori Anda .
Ada beberapa prinsip dasar,yang paling penting untuk peta pikiran:
• Gambar
Otak lebih mudah mengingat apa yang anda lihat daripada mengingat sebuah tulisan.
 • Berita Utama
otak  lebih mudah untuk mengingat kata-kata tunggal, frase pendek dan headline yang mencolok, daripada mengingat teks murni.
• Hubungan
Kesdaran anda untuk selalu menganalisa dan memahami bagaimana hal – hal yang saling terhubung satu sama lain ,ketika itu dilakukan pikiran menciptakana sebuah gambar untuk melambangkan struktur.
        

        Apa manfaat Mind Maps ? Manfaat Mind Maps yaitu untuk menyelesaikan sautu msalah dalam metode pembelajaran agar kita dapat memahami,belajar,dan mengingat sesuatu dengan lebih cepat dan efektif, dan tentu juga dapat memaksimalkan kapasitas otak dalam berpikir.Berikut ini adalah beberapa manfaat yang lainnya :
. Berikut adalah beberapa contoh:
1   .    Mempercepat proses pemahaman dan penalaran dalam proses belajar.
2   .    Mempermudah untuk mengembangkan ide – ide yang baru.
3   .    Solusi akan mudah muncul,ketika bekerja sama dengan orang lain.
4   .    Dengan Mind maps ,dapat memahami sesuatu dengan terstruktur.
5   .    Mempermudah anda untuk berpikir dan berimajinasi dengan menggunakan mind maps.

         Bagaimana cara membuat mind maps ?Karena mind maps dibuat untuk membuat proses belajar lebih mudah dan efektif dan juga untuk memahami bagian – bagian yang berbeda dari struktur yang saling terhubung.langkah yang baik menggunakan alat – alat yang tersedia untuk membuat mind maps,selain itu juga harus mudah dipahami dan mudah untuk dibuat. Berikut ini adalah komponen – komponen yang digunakan dalam membuat mind maps adalah :


• GARIS
Garis merupakan bagian paling penting dalam mind maps.garis menghubungkan berbagai informasi, dan menciptakan struktur. 




Pada gambar mind map, bahwa semuanya sangat sistematis dan terstruktur. Tidak ada garis persimpangan satu sama lain, dan seluruh peta pikiran sangat mudah untuk memahami dan mengikuti. Setiap baris hasil langsung ke judul tertentu hal ini terkait dengan. Berikut ini adalah contoh lain:
pada gambar diatas terdapat berbagai jenis garis yang menghubungkan topik. Beberapa ditarik sebagai archs, beberapa panah menunjuk ke subjek, beberapa garis lurus dengan sudut .        

     • BULLETS
Penggunaan bullet dapat membuat tampilan mind mapsmenjadi menarik dan mudah untuk diingat ketika membangun peta pikiran Anda.
Perlu diperhatikan dalam membuat mind maps,tidak harus membuat daftar bullet yang banyak mungkin diatas 20 untuk setiap topik.sebaiknya,hokus untuk beberapa daftar, dan berita atau kalimat penting untuk mendapatkan poin utama.


       • LAYOUT


Yang penting adalah untuk menciptakan gambaran yang jelas dan membuatnya mudah bagi otak Anda untuk mengikuti aliran peta pikiran. Dan seperti yang Anda lihat pada contoh di atas, mereka semua memiliki subkategori yang diselenggarakan sesuai dengan kepentingan mereka dan koneksi internal.

     • WARNA


        Otak Anda dengan cepat memahami sebuah struktur peta pikiran, dan Anda dapat mengalami beberapa masalah ketika mencoba untuk memisahkan komponen-komponen yang berbeda.ide yang baik untuk menangani masalah ini adalah dengan menggunakan warna untuk membagi kategori yang berbeda jika Anda ingin menghindari masalah ini. Seperti yang Anda lihat dalam pikiran bawah peta, satu berwarna-warni dan yang lain hanya memiliki satu warna. Yang berwarna jauh lebih mudah untuk memahami dan Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi kategori berbeda.





Selain itu, Hal ini dapat menyenangkan untuk main-main dengan banyak berbeda warna.Dan jika itu menyenangkan, juga lebih mudah untuk belajar.

• ASOSIASI



Amati mindmap di atas. Ini menggambarkan peristiwa bersejarah khusus. Jika anda mengikuti garis untuk satu kategori, dan pada salah satu sub-kategori terkait, Anda melihat bahwa mereka masing-masing terdiri dari hanya satu judul. Berita ini label,Dengan kata lain, label adalah judul yang digunakan untuk meringkas banyak informasi terkait.Ketika Anda membaca salah satu dari label ini, Anda segera dapat mengaitkan ke yang terkait informasi dari sejarah-buku Anda dan mengingat fakta-fakta pentingMenyaring semua informasi penting menjadi beberapa, label besar. Istirahat mereka ke dalam subheadlines. Gunakan semua alat yang Anda inginkan untuk membuatnya terlihat bagus, dan mengatur segala sesuatu dalam secara logis yang menarik bagi Anda. Lakukan ini, dan kapasitas Anda untuk belajar, merencanakan, dan mengingat akan meningkat secara signifikan. 

sumber :
http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2013/09/09/mind-map-peta-pikiran/
Buzan, Tony. (1998). SUPER-CREATIVITY. New York: St. Martin's Press.
Ingemann, Marcus. The Power of Mind Mapping!. FortuneWell.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About